Sabtu, 27 September 2008

Ternyata Mau Sukses Tak Harus Jadi Sarjana

fresh graduate (wikimedia.org)
Orang-orang muda selalu mendapat pesan agar memperoleh gelar sarjana, karena pendidikan yang baik merupakan paspor bagi pekerjaan yang baik pula.

Hingga batas tertentu petuah ini memang betul.

Riset Australia mengenai income rumah tangga menunjukkan bahwa mereka yang tak masuk universitas dan langsung terjun ke dunia kerja tak menemui jalan buntu untuk mendapatkan pekerjaan.

Para peneliti Universitas Melbourne telah meneliti data sensus dan menemukan bahwa hampir separuh pria dan 30 persen wanita yang tidak menyelesaikan sekolah menengah barada di paruh atas skala pendapatan pada 2005.

Para periset mengidentifikasi mereka yang siap mengambil risiko sebagai orang yang mungkin paling berhasil, kendatipun meninggalkan bangku sekolah lebih dini.

Bersikap baik kepada setiap orang juga merupakan indikator utama dari keberhasilan finansial di kalangan mereka yang tanpa menyandang gelar sarjana pada namanya.

"Bagi pria dan wanita, menjadi orang yang berani mengambil risiko keuangan merupakan faktor yang amat menentukan untuk memperoleh penghasilan yang tinggi," kata Institut Riset Sosial dan Ekonomi Terapan Melbourne dalam laporannya, seperti dikutip DPA. (ant/ais)

Tidak ada komentar: